PENGEMBANGAN
MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA KALI BAGI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI
PERKALIAN PEMBAGIAN SISWA KELAS 4 SD
Matematika
adalah salah satu mata pelajaran yang sangat penting di sekolah dasar karena
mendasari peserta didik dalam berpikir. Salah satu kemampuan di dalam
matematika adalah kemampuan berhitung. Tidak semua peserta didik memiliki
kemampuan yang baik dalam berhitung, terlebih dalam melakukan operasi perkalian
dan pembagian. Perkalian dan pembagian dianggap sebagai momok bagi peserta
didik. Oleh karena itu, guru harus dapat
menyusun pembelajaran matematika semenarik mungkin agar materi perkalian dan
pembagian dapat menyenangkan bagi peserta didik.
Pembelajaran
matematika seharusnya menjadi hal yang menarik bagi peserta didik. Pembelajaran
harus disusun sedemikian rupa agar peserta didik dapat mengikuti dengan baik.
Yang dapat guru lakukan dalam pembelajaran adalah menyisipkan permainan ke
dalam pembelajaran. Hal ini sejalan dengan teori belajar matematika menurut
Zoltan P. Dienes (1981). Dienes mengemukakan bahwa tiap-tiap konsep atau
prinsip, dalam matematika yang disajikan dalam bentuk yang konkret akan dapat
dipahami dengan baik. Benda-benda atau obyek-obyek dalam bentuk permainan
sangat berperan bila dimanipulasi dengan baik dalam pembelajaran
matematika. Media dalam bentuk permainan
akan dapat membantu peserta didik dalam mempelajari matematika materi perkalian
dan pembagian.
Dari uraian
permasalahan tersebut, maka akan dikembangkan media pembelajaran berupa “Ular
Tangga Kali-Bagi” pada mata pelajaran matematika materi perkalian dan pembagian
kelas 4 SD.
File lengkap dapat di download pada link di bawah ini:
No comments:
Post a Comment